Beranda > ARTIKEL, KESEHATAN > Kenapa Keputihan Saya Tak Sembuh Juga?

Kenapa Keputihan Saya Tak Sembuh Juga?

Tanya :

Saya sudah menikah selama 1,5 tahun. Setahun yang lalu saya mengalami keputihan yang baunya tajam, juga gatal sehingga saya dan suami saya pergi ke RS. Pondok Indah. Saya diperiksa dan juga melakukan papsmear yang hasilnya saya sehat, saya diberi obat yang dimasukan dan obat yang diminum. Satu hari saja keputihan saya langsung hilang, tapi 3 minggu setelah itu saya kembali keputihan tapi tidak bau hanya gatal saja. Saya masih bisa bertahan sekitar 6 bulan dan ketika gatalnya sangat mengganggu saya dan suami saya pun kembali ke dokter yang sama untuk kedua kalinya. Saya diperiksa dan diberi obat yang sama dan dokternya pun bilang tidak apa-apa hanya karena jamur saja. Kurang dari 1 bulan saya kembali keputihan tidak bau, tidak gatal hanya saja waktu saya masukan jari ke dalam miss V dan saya korek banyak sekali yang berwarna putih seperti krim padahal saya selalu melakukan saran dari dokter agar selalu membasuhnya dan tidak terlalu sering menggunakan celana jeans agar tidak lembab. Yang saya ingin tanyakan apakah itu jamur? Bahayakah itu pada kesehatan saya?

Jawab :

Di dalam vagina normalnya terdapat bakteri Doderlein yang akan membuat suasana vagina menjadi sangat asam. Dengan adanya suasana asam ini, maka kuman-kuman, bakteri atau jamur sulit menginfeksi vagina. Namun seringkali kebiasaan yang kita lakukan terhadap vagina membuat berkurangnya bakteri ini sehingga vagina berkurang keasamannya. Dalam kondisi yang kurang asam, dapat terinfeksi oleh bakteri, parasit atau jamur yang menimbulkan gejala keputihan. Kebiasaan yang salah yang sering dilakukan seperti misalnya menggunakan cairan pembersih vagina secara teratur akan mengubah suasana asam vagina. Selain itu penggunaan pantyshield setiap hari membuat kondisi vagina menjadi lebih lembab yang dapat menyebabkan mudah terinfeksi oleh jamur. Kebiasaan berhanduk yang dilakukan dari arah belakang ke arah depan juga memudahkan masuknya bakteri ke dalam vagina.

Keputihan ada yang merupakan keputihan normal dan ada pula yang merupakan keputihan penyakit. Keputihan yang normal biasanya encer, bening seperti ingus, tidak gatal dan tidak berbau. Biasanya normal terjadi menjelang atau sesudah haid, pada saat kelelahan, bila menggunakan pakaian dalam yang tidak cocok bahannya, setelah penggunaan bedak, penyemprot vagina, atau bahan kimia lain.

Artikel Terkait :

  1. 11 Juli 2009 pukul 4:08 am

    saya juga pernah menemukan sahabt dengan kasus serupa, tapi saya hanya sarankan mengkonsumsi melia propolis, propolis adalah air liur lebah dan sarangnya yang diramu dan dikumpulkan oleh lebah dari pucuk dan daun muda tumbuhan terutama daun poplar dari brazilia.

    banyak kasus serupa telah tertolong, hanya dengan mengkonsumsi propolis dan melakukan pembersihan ( ma’af ) vagina dengan 5 tetes propolis di campur air angat di cebokkan di daerah kewanitaan minimal 3x sehari.juga diminum 3 tetes dicampur dengan 1/4 glas airputih sebelum makan 3 x sehari. selamat mencoba

    untuk mendapatkan propolis anda bisa menghubungi 085264754002 atau e mail ardhypropolis@gmail.com.untuk lebih jelasnya kunjungi http://www.melianature.com atau cari di google search keti : melia propolis obati keputihan. makasih mudah mudahan membantu.

  2. jelita
    13 Januari 2010 pukul 6:26 am

    anita..saya punya obatnya..insyaalloh gak da efek sampingnya karena herbal dan cara pakenya sangat mudah. dengan crystal x insyaalloh yang kamu alami bisa sembuh…saya sudah buktikan sendiri…klo mau pesen bisa lewat email saya jelitaku42@yahoo.com atau ym saja. setelah pake pasti kamu gak keputihan langsung kering dan gak gatal apalgi bau…ini cocok untuk para istri yang menginginkan vaginanya keset….tidak bau dan yang pasti suami jadi makin sayang..

  3. Hani
    31 Januari 2010 pukul 7:20 am

    Kalo aku ga keputihan tp anyang2an..udh berobat tp kambuh lg stlh sbln..k dokter lg dweh

  4. 2 April 2010 pukul 7:39 am

    keputihan kayaknya memang merupakan keluhan yang banyak dijumpai pada setiap wanita…keputihan itu secara medis mungkin disebabkan karena celana dalam yg ketat sehingga tidak ada sirkulasi udara yg baik..tapi dari segi agama keputihan disebabkan karena kita suka ngomongin orang lain alias bawel atau suka cerewet…

    Postingannya menarik, makasih😀

  5. 16 Juli 2010 pukul 2:37 pm

    Bagi saudari-saudari yang mengalami gejala-gejala tersebut,coba minum air yang sudah di rebus dengan daun Sirih,dengan ukuran 1/2 gelas,3x minum insa Allah sembuh.

  6. 18 Mei 2011 pukul 10:55 pm

    hmmmm…. Propolis bisa jadi alternatif ya…???
    Saya coba deh….

  7. 11 September 2012 pukul 12:59 am

    Sya bru 16 thun,.dri 14 thun sya sudah mengalami kepuTihan sampai saat ini blum smbuh jga,,bgaimana mengatasinya xa.???
    Dan apkh berhbhaya?
    Mksh

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

