Beranda > ARTIKEL, UNIK DAN LUCU > Peta Eropa Tertua Berusia 14.000 Tahun

Peta Eropa Tertua Berusia 14.000 Tahun

peta eropa

Peta sebuah daerah di Eropa Barat baru-baru ini ditemukan di Sekitar Spanyol, bila diamati peta ini menunjukan suatu arahan dalam perburuan rusa di daerah Spanyol oleh kaum Magdalenian.
Peta yang diukirkan disebuah batu itu diperkirakan berusia 13.660 hingga 14.000 tahun silam. Sangat tua sekali tentunya.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Pilar Utrilla dari Universitas Zaragoza telah mencoba menguraikan batu ini sejak ditemukan tahun 1994, dan kisah ini coba diuraikan pada Journal Evolution dimana suku pada saat itu yang mungkin tinggal di goa goa dalam perburuan rusa.

Di peta tersebut juga digambarkan guratan guratan yang menggambarkan sebuah sungan bahkan jembatan dan lokasi perburuan hewan serta lembah juga gunung, dengan kata lain ilmu pemetaan pada jaman itu ternyata telah berkembang cukup baik.

Salah satunya telah berhasil di inisialisasi sebagai gua di San Gregorio di daerah Abauntz. Rusa digambarkan seperti rusa kutub dan diperkirakan artinya pada masa itu bumi mengalami fase jaman Es dimana sebagian besar permukaan bumi masih banyak diselimuti Es sebagaimana di kutub.
Ini sungguh menarik ilmuwan untuk terus meneliti lebih dalam peta kuno ini.

Sebelumnya subuah peta kuno juga pernah diklamim ditemukan di daerah Pavlov Republik Ceko kira kira diperkirakan berusia 25.000 tahun lalu, namun masih diragukan. Dan lainnya juga ditemukan di daerah Babel Irak Selatan yang kira kira dibuat pada tahun 600 sebelum masehi. (Mail Online)

Artikel Lain :

  1. 13 Agustus 2009 pukul 12:31 pm

    Waw, luarrr biasa. Saya yakin penemu dan nyang ditemuken sama-sama luar biasa mbak.🙄
    ==
    Btw, kalo url ku di link juga boleh mbak. Biar nambah rame.😆
    1. wandisukoharjo.wordpress.com
    2. wandisukoharjo.com
    Tanks yah, info n link nya.

  2. 14 Agustus 2009 pukul 2:27 am

    wah mantap dah, emang klo soal sejarah, sebenarnya manusia hanya bisa mengira2….

    • 14 Agustus 2009 pukul 10:28 am

      benar mas. sejarah kadang gak bisa di pastikan. soalnya manusia sekarang kan blm pada lahir dulu…hehehehe…

  3. 14 Agustus 2009 pukul 3:00 am

    Wah mantab………..

  4. 14 Agustus 2009 pukul 10:56 pm

    Menarik. Bikin penasaran.

    • 16 Agustus 2009 pukul 8:04 am

      gak usah dipikiran mas, ntar sakit lho..hehehehe…

  5. 15 Agustus 2009 pukul 4:33 am

    posting yang menarik sy Agus Suhanto, nemu situs ini dari mbah bing. Salam kenal ya… 🙂

  6. hendrabozzie
    16 Agustus 2009 pukul 1:34 pm

    hebaat neh.., bisa tau jg ya klo itu bnr2 peta…
    oke banget neh artikelnya…sip dah.

  7. tforce2009
    17 Agustus 2009 pukul 2:44 am

    mao cari artikel yang aneh2 disini tempatnya

  8. Bind
    18 Agustus 2009 pukul 2:21 pm

    keren….
    makasih ya infomasinya….
    salam kenal yee…

  9. luminous25
    12 September 2009 pukul 4:17 pm

    wuiih ,…. Pertamaxxxx nice inpho gan,….🙂

  10. 28 September 2009 pukul 8:52 pm

    petanya canggih diatas batu pulak…
    salam,

  11. 1 November 2009 pukul 3:30 am

    salam kenal
    thanks ya infonya

  12. 1 November 2009 pukul 5:45 am

    kok gak keliatan ya gambar2 daerahnya? hehe mataku kali ya lagi error…
    salam kenal buat yang punya blog..
    kunjungi blog ku ya http://www.sedapmanis.wordpress.com
    makasih

  13. buraqmanari
    31 Desember 2009 pukul 1:42 am

    Pasti beda banget dengan Peta yang ada sekarang ini,….

    http://buraqmanari.wordpress.com/2009/12/30/hot-pembantaian-lagi/

  14. 11 Agustus 2010 pukul 10:52 pm

    kereeen makasi yaa infonya

  15. sejutainfo
    16 September 2010 pukul 12:31 pm

    Penemuan Yang Luar Biasa.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: